Rabu, 06 November 2013

KECELAKAAN DALAM RUMAH TANGGA



Seorang bunda sedang menggoreng ikan di dapur. Tanpa sengaja, wajan penggorengan terguling dan minyak panas menyiram tangan bunda.
Bunda  berteriak kesakitan dan minta tolong.
Jika anda menjadi bunda, apa yang anda lakukan ?
Jika anda menjadi orang pertama yang datang melihat kondisi bunda, apa yang anda lakukan?

Pertama, anda akan segera melakukan pertolongan pertama yang tepat. Kedua, anda mencari obat yang dapat membantu mengurangi penderitaan bunda dan mencegah makin parahnya luka bakar. Ketiga, anda akan segera membawa bunda ke fasilitas kesehatan terdekat.
Itu adalah langkah jika anda mengetahui tindakan P3K, namun sayangnya, seringkali anggota keluarga tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang P3K dan langkah yang sistematis untuk menangani kecelakaan. Seringkali pula di rumah tidak memiliki obat atau peralatan untuk memberikan pertolongan pertama yang sesuai.
Rumah kita, seharusnya menjadi tempat yang aman bagi para penghuninya. Namun selalu ada kemungkinan terjadi peristiwa yang tidak terduga yang disebut kecelakaan dalam rumah tangga seperti peristiwa diatas.


Kecelakaan di rumah tangga dapat dikelompokan menjadi 2 kelompok besar:
  • murni kecelakaan ( trauma fisik, panas, kimia, dll)
  • kedaruratan medik (umumnya karena penyakit yang diderita seperti kejang, tidak sadar, ngamuk, dan sebagainya ).
Kemungkinan kecelakaan di rumah tangga cukup tinggi, seperti contoh berikut :
1.       Jatuh dari tangga/ pohon
2.      Tersayat pisau/pecahan gelas;
3.      Tersiram air/minyak panas
4.      Kemasukan benda asing ke dalam hidung/telinga
5.      Salah minum obat,
6.      Digigit binatang atau serangga
7.      Alergi pada benda tertentu seperti debu, ulat, kucing.
8.     Alergi terhadap makanan dan keracunan makanan
9.      Kambuhnya penyakit tertentu
10.  Terserang penyakit seperti panas dan diare
Hal ini dapat terjadi kapan saja apakah pagi, siang, sore, malam atau dini hari. Dapat menimpa siapa saja, apakah penghuni rumah atau tamu yang berkunjung. Dapat menimpa orang dewasa dan seringkali menimpa anak-anak.
Untuk melakukan pertolongan pertama, biasanya peralatan dan obat-obatan di rumah sangat terbatas sehingga untuk melakukan pertolongan diperlukan pengetahuan dan ketrampilan sederhana agar tidak memperparah kondisi korban. Selain itu, diperlukan ketepatan dalam menentukan kapan dirujuk ke rumah sakit.
Definisi Pertolongan pertama :
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas :
Pertolongan Pertama atau biasa disingkat PP,adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang membutuhkan penanganan medis dasar. Pertolongan pertama"PP"merupakan pengembangan dari P3K "Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan".
Definisi kotak PP :
Kotak PP adalah kotak yang berisi obat-obatan dan peralatan yang menunjang kegiatan pertolongan pertama yang berisi antara lain perban, mitela, obat merah, dll.
Pertolongan Pertama Gawat Darurat adalah upaya perawatan atau pertolongan pertama sementara yaitu orang yang pertama kali tiba di tempat kejadian terhadap korban kecelakaan, sebelum mendapatkan pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau tenaga medik lainnya, berupa tindakan medik dasar.


Apa tujuan penting  Pertolongan pertama?
1. Mencegah maut
2. Mencegah bahaya cacat yang lebih berat
3. Mencegah infeksi
4. Mengurangi rasa sakit dan takut

Untuk penatalaksanaan pertolongan pertama  kecelakaan dalam rumah tangga, maka lakukan langkah-langkah berikut :

1. Sediakan kotak P3K di Rumah. Konsultasikan dengan dokter untuk obat-obatan yang bisa disiapkan di rumah.

2. Ajari orang di rumah untuk menggunakan obat dan peralatan yang ada di kotak P3K
3. Pastikan tersedia no telepon yang bisa dihubungi bila ada kondisi gawat di rumah seperti : no     telepon RS, Taksi, Polisi dan orang dewasa keluarga/tetangga.

Adapun penatalaksanaan korban kecelakaan yang perlu diketahui oleh anggota keluarga diantaranya :
1.       Pastikan kondisi/situasi sekitar telah aman bila melihat ada korban tidak sadar
2.      Bila terdapat cidera luka, hentikan pendarahan dengan pembalut tekan, bawa ke RS atau fasilitas medis terdekat.
3.      Bila ada gejala patah tulang/dislokasi bidai bagian yang cedera, min. 2 sendi terikat dan bawa ke fasilitas medis  terdekat.
4.      Untuk luka bakar tingkat 1&2 dinginkan dengan air yang mengalir, jangan memecahkan gelembung, bila luka terkelupas balut dengan ringan dengan pembalut yang tidak mudah retas
5.      Jangan mencabut sesuatu yang menancap, amankan luka bawa ke rumah sakit.
6.      Bila ada orang tidak sadar cek kondisi pernapasannya, bila tidak terdeteksi minta bantuan dan beri bantuan pernapasan.
7.      Saat membawa korban ke Rumah Sakit pastikan jalan napas korban terjaga/tidak tertutup.
8.     Jaga anggota keluarga dari kecelakaan lebih lanjut, penanganan cedera yang salah akan memperparah kondisi korban

Ketersediaan obat dalam rumah tangga sangat penting dalam penatalaksanaan kesehatan. Ketaktersediaan obat dasar /sederhana di rumah dapat mengakibatkan kesakitan menjadi lebih parah, apalagi jika penatalaksanaannya tidak tepat dan lambat.
Kecelakaan merupakan peristiwa tidak terduga yang menimpa seseorang. Peristiwa tersebut terjadi begitu saja, tidak direncanakan, tidak mengenal waktu, tidak mengenal tempat, dan tidak memilih siapa yang akan mendapatkannya. Kecelakaan dapat berakibat fatal, menimbulkan cacat tubuh atau bahkan tidak meninggalkan bekas sama sekali. Hal ini sangat tergantung dari faktor penyebab, peristiwa itu sendiri, penatalaksanaannya dan daya tahan korban.
Penanganan yang tepat dan cepat menentukan keberhasilan penanganan kecelakaan. Jika penanganan tidak tepat dan lambat kondisi pasien dapat menjadi semakin parah. Sebaliknya, jika penatalaksanaan dilakukan dengan cepat dan tepat dapat mencegah kematian atau memperburuk kondisi korban.

Evaluasi
Apakah rumah kita rumah yang 'aman' dari peluang kecelakaan ?
Apakah di rumah kita telah tersedia obat-obatan P3K ?
Apakah para penghuni telah mendapat pengetahuan dasar tentang P3K?




2 komentar:

  1. Waduh langsung ngecek kotak PP. Kotak PPku yang pasti update itu obat pusing. Lainnya sering lupa untuk diganti yang sudah kedaluarsa atau habis.

    BalasHapus