Rabu, 06 November 2013

AJAIBNYA AIR PUTIH

Jernihkah ?
Saya ingin mengawali tema selalu ada obat ini dengan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Air putih. Saya selalu terkagum-kagum dengan ciptaan Allah yang sangat luar biasa ini, air.
Suatu ketika ibu saya mengalami gangguan dalam b.a.k. Terasa nyeri dan susah keluar. Karena saya belum pasti nyeri di perutnya karena peranakan atau problem saluran kemih, saya ajak konsul ke dr. Sp.OG kenalan saya. Obat yang diberikan hanya beberapa butir, selain itu ibu disarankan untuk minum air putih hangat matang setiap pagi bangun tidur sebanyak dua gelas. Ajaib ternyata sejak ibu merutinkan itu, keluhan itu tak pernah datang lagi.


Tentu resep berharga ini saya selalu bagikan untuk pasien dengan keluhan mirip yang datang meminta obat ke Apotek. Saya tidak beri obat tapi saya suruh saja minum air putih hangat dua gelas tiap pagi bangun tidur. Tentu dengan catatan tambahan jika tidak berefek, tetap harus ke dokter.
Penasaran oleh khasiat air putih, maka saya rangkumkan untuk anda tentang air putih ini.
Tubuh manusia, usnsur terbesarnya adalah air. Air putih adalah cairan utama untuk memenuhi asupan cairan yang sangat dibutuhkan dan cocok untuk tubuh. Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan serta menghambat penyakit masuk ke dalam tubuh.  
Tidak semua air putih memenuhi syarat untuk dikonsumsi. Air putih yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi sebagai berikut:
·         Tidak berbau.
·         Tidak berwarna.
·         Tidak berasa.
·         Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya.
·         Tidak mengandung logam berat.
Kandungan yang terdapat dalam air putih yaitu unsur H2O. Selain itu ada unsur kimia Ferrum, Merkuri, Alumunium. Anda sebaiknya memeriksakan kelayakan air sumber air untuk keperluan makan minum di rumah anda ke Puskesmas setempat atau sarana medis lain.
Untuk menentukan apakah air putih memenuhi syarat untuk dikonsumsi pemerintah menyediakan alat pengukur kemurnian air mineral. Alat ini dinamakan TDS meter (Total Dissolved Solid Meter), berguna untuk mengukur total zat padat yang terkandung dalam cairan.
Berikut pembagian kategori air menurut total zat yang terkandung di dalamnya, yaitu;
·         >100 ppm: bukan air minum.
·         10-100 ppm: air minum.
·         1-10 ppm: air murni.
·         0 ppm: air organik.
Satuan yang digunakan adalah ppm (part per million) atau bagian per sejuta.
Saya sendiri memeriksakan kandungan sumur ke BTL (Badan Tehnik Lingkungan). Kita akan ditanya untuk keperluan apa melakukan pemeriksaan air. Ada jenis pemeriksaan biologi, fisik dan kimiawi.
Pada kondisi perumahan padat, dimana jarak sumur sebagai sumber air dan septic tank tidak ideal, seringkali ditemukan jumlah bacteri E coli yang tinggi. Jika anda memilih air tanah untuk sumber air keluarga, sebaiknya di cek kelayakannya ya.

gambar pinjam dari sini
O ya, sekalipun menggunakan air galon bermerek atau refill, sebaiknya secara berkala mengujikan juga. Belum tentu asli atau memenuhi standar. Hari ini saya baca berita di koran KR, Kamis Kliwon, 7 November 2013, terbongkar sindikat pemalsuan air mineral. Digrebeg di dusun Blado, Balong Lor, Desa Potorono, Kec. Banguntapan, Bantul. Lah itu Cuma setengah km dari rumahku! Dari pengakuan 8 tersangka, air galon tersebut langsung diisikan dari sumur. Waah....!
Untuk memanfaatkan sepenuhnya khasiat air putih ini, ada beberapa saran berikut yang layak dipertimbangkan.
·         Terapi air putih untuk perawatan kecantikan
Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih sehari dan tentunya tetap menjaga kebersihan diyakini dapat menambah kecantikan kulit dan wajah. Tindakan ini akan membuat kulit tetap lembab tidak kering.
Terapi air putih untuk mengurangi obesitas/diet
Air putih turut membantu menurunkan berat badan. Setelah bangun sebelum makan Anda dapat meminum air putih hangat. Hal ini dapat membuat anda merasa kenyang. Lagi pula air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Ada juga yang menambahkan perasan jeruk nipis dalam air minum. Tentu dengan catatan tidak boleh bagi yang memiliki sakit maag.
Terapi air putih untuk kesehatan
Dengan mengkonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari akan membantu tubuh dalam memproduksi darah dan merangsang produksi imun tubuh. Bagaimana itu bisa terjadi?      Air minum yang dikonsumsi dapat memurnikan tubuh dan membuat usus besar bekerja lebih efektif. Jika usus bersih, gizi makanan yang kita konsumsi setiap hari akan diserap dan diubah menjadi darah baru.
Saya pernah memiliki tetangga yang mempercayai khasiat terapi air putih untuk detoks. Ibu tersebut meminum 1,5l air di pagi hari dalam sekali minum. Beliau menyampaikan bahwa itu diperoleh dari sebuah pelatihan tentang kesehatan. Saya sendiri merasa kurang yakin, maka saya cari referensi tentang itu. Memang ada metode untuk terapi minum air putih dalam jumlah banyak di pagi hari untuk membersihkan usus kita.
Namun saya cari referensi penyeimbang dan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa sebaiknya meminum air putih dalam jumlah yang wajar. Karena alasan yang cukup mencengangkan berikut ini:
Terlalu Banyak Minum Air Putih sebabkan Dua Hal
1.     Mengkonsumsi banyak air putih lebih dari yang dibutuhkan akan meningkatkan total volume darah. Volume darah yang meningkat pada sistem pembuluh darah yang tertutup akan membuat kerja jantung dan pembuluh darah akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.
2.    Jumlah air yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya. Ginjal akan memfilter/menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh, berbeda dengan pipa air dimana semakin banyak air yang mengalir maka pipa tersebut akan semakin bersih. Namun pada ginjal, hal tersebutmenyebabkan  beban ginjal akan semakin meningkat dengan banyaknya air yang harus disaring melalui glomerulus. Bahkan, glomerulus dapat rusak sebagai akibat dari menyaring banyaknya cairan yang tidak seharusnya diperlukan oleh tubuh, glomerulus bekerja ekstra keras karenanya. Sistem filtrasi di ginjal harus tetap mempertahankan jumlah air (di dalam tubuh) pada tingkat yang aman yang memang diperlukan oleh tubuh, kelebihan cairan sebagai akibat daribanyaknya konsumsi air harus dibuang dari tubuh.
Selain dua hal di atas, minum air putih berlebihan dapat menyebabkan munculnya keadaan fatal yang disebut hiponatraemia. Hiponatraemia adalah suatu keadaan dimana kadar garam di dalam darah (dalam hal ini Natrium) lebih rendah daripada yang seharusnya. Secara normal konsentrasi natrium di dalam darah berkisar antara 135 sampai dengan 145 milimol per liter, namun pada keadaan hiponatraemia konsentrasi garam kurang dari 135 milimol per liter. Keadaan yang parah dari kondisi hiponatraemia dapat menyebabkan intoksikasi air yang memiliki gejala antara lain sakit kepala.
Keadaan hiponatraemia yang disebabkan oleh jumlah air yang meningkat di dalam pembuluh darah membuat ginjal tak mampu mengeluarkan kelebihan air tersebut secara cepat. Akibatnya, air yang berlebih itu akan masuk ke dalam sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh yang menerima kelebihan air akan mengalami pembengkakan. Sel-sel tubuh yang membengkak tersebut tidak akan mengalami kesulitan untuk mengembang akibat air yang diterimanya, karena masih memiliki ruang di sekitar sel-sel tersebut.
Hal tersebut berbeda dengan sel otak. Sel-sel otak terkurung dalam tulang tengkorak yang keras dan tidak memiliki ruang yang cukup untuk mengembang ketika menerima kelebihan air. Jika kelebihan air tersebut sampai memasuki sel-sel otak dan sel otak mengalami pembengkakan, seperti sel-sel tubuh lainnya, maka yang terjadi selanjutnya dapat dipastikan adalah bencana. Tubuh akan mengalami kejang, koma, system pernapasan terhenti, batang otak mengalami herniasi dan akhirnya berujung pada kematian.

 

Aturan minum air putih yang benar seperti apa ?
Anjuran agar minum air putih yang banyak namun tidak boleh juga sampai terlalu berlebihan membuat kita seperti dihadapkan pada dua hal yang bertentangan. Tentu pada akhirnya hal tersebut membuat kita menjadi bingung. Lalu anjuran minum air putih yang benar itu seperti apa sih?
· Minumlah air putih secukupnya dan sewajarnya (tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak)
· Yang dikatakan terlalu banyak dan berlebihan itu seberapa sih ? 
Terkait berbagai dampak fatal yang terjadi pada perlari marathon akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya dan tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 50 kg, konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh pada jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan orang yang kurus.
· Bila kita sering mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air sebanyak 2 liter perhari, itu bukan berarti semua kebutuhan air yang diperlukan tubuh harus berasal dari air putih. Dua liter yang dianjurkan tersebut bisa juga termasuk dari makanan atau minuman yang banyak mengandung air, misalnya sup, air susu, buah, atau jenis makanan dan minuman lainnya yang mengandung air.
· Aturan minum 2 liter perhari berlaku bagi orang sehat. Sementara untuk penderita ginjal tentulah harus dibatasi, tidak boleh minum air putih terlalu banyak, karena akan semakin memperberat kerja ginjalnya.
· Minumlah air putih secara bertahap, jangan sekaligus dalam satu waktu. Contohnya, 1 gelas setelah bangun tidur, dilanjutkan 1 gelas sebelum dan sesudah sarapan, kemudian 1 gelas sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas sebelum dan sesudah makan malam, dan 1 gelas sebelum tidur.
Dewasa ini telah ada hasil penelitian tentang kristal air putih yang menjadi indah lantaran dibacakan doa dan kalimat yang baik. Kristal yang baik itu juga membawa efek yang lebih baik bagi tubuh. tapi saya bahas lain kali saja ya. 

Untuk itu, agar sehat minumlah air putih sewajarnya, secukupnya, dan secara bertahap (tidak langsung banyak sekaligus dalam satu waktu). Dan pastikan air yang anda minum, benar-benar layak untuk diminum. Eh jangan lupa tentu berdoa dulu. 

O ya beberapa waktu yang lalu saya bertemu ibu yang dulu mempraktekkan terapi air putih 1,5l di pagi hari. Ternyata sekarang tak lagi melakukan karena capek dan sering buang air kecil. Olala.


Kamus istilah :
Definisi Herniasi otak : adalah kondisi medis yang sangat berbahaya di mana jaringan otak menjadi berpindah dalam beberapa cara karena peningkatan tekanan intrakranial (tekanan di dalam tengkorak). Kenaikan tekanan menyebabkan otak diperluas, tetapi karena memiliki tempat untuk masuk ke dalam tengkorak, maka otak menjadi rusak parah. Dalam beberapa kasus, herniasi otak dapat diobati, tetapi dalam kasus lain itu akan menyebabkan koma dan kematian pada akhirnya.2
Herniasi Otak merupakan pergeseran dari otak normal melalui atau antar wilayah ke tempat lain karena efek massa.Biasanya ini komplikasi dari efek massa baik dari tumor, trauma, atau infeksi.4

Hiponatremia (Inggris:''hiponatremia'') adalah sebuah gangguan elektrolit (gangguan pada garam dalam darah) di mana natrium (''Natrium dalam bahasa Latin) konsentrasi dalam plasma lebih rendah dari normal (hipo''dalam bahasa Yunani), khususnya di bawah 135 mEq / L. Sebagian besar kasus hiponatremia terjadi dalam hasil orang dewasa dari jumlah berlebih atau efek dari hormon penahan air yang dikenal sebagai hormon antidiuretik ADH biasa disingkat.

Sumber bacaan :






6 komentar:

  1. waduh, saya penggemar diet air putih nih. Ternyata ga bagus juga ya berlebihan minum air putih. Makasih mak, saya share ya...

    BalasHapus
  2. silahkan Vica Item...terimakasih sudah berkunjung dan berbagi...

    BalasHapus
  3. Informasi dan artikel tentang air putih memberikan hikmah mendalam sekali, terima kasih ya mbaa :)

    BalasHapus
  4. Iyaa makasih juga kunjungannaya Christanty Putri Arty

    BalasHapus
  5. wah bermanfaat banget mak Ida ^^ saya jg terbilang suka males minum banyak karena bikin bolak-balik pipis :p padahal manfaatnya luar biasa ya mak minum air putih itu..

    BalasHapus